Siap Hadapi Pekerjaan Baru Meski tanpa Pengalaman

Memang sulit menumbuhkan kepercayaan diri untuk menekuni pekerjaan baru. Kesulitan kian bertambah karena Anda merasa tak memiliki pengalaman terkait pekerjaan tersebut. Apapun alasannya Anda harus tetap profesional mengerjakan karier baru tersebut.

Tapi itu bukanlah hambatan. Anda dapat mempersiapkan diri dengan cara berikut:

1. Selalu bersedia untuk memulai
Pertama dan terpenting Anda harus bersedia kembali ke dasar. Itu berarti harus melepas profesionalisme pekerjaan terdahulu dan rasa nyaman. Tidak peduli seberapa berpengalaman dan berbakat Anda, apa yang dilakukan harus membuktikan diri sekali lagi dalam bidang baru.

2. Menempuh pendidikan baru
Tanpa pengalaman, pendidikan adalah sahabat baru Anda. Ambil kelas kursus atau sekolah demi mendapatkan sertifikasi dan gelar baru. Itu menunjukkan minat dan komitmen Anda terhadap bidang baru.

3. Menjadi relawan
Sukarela adalah cara baik untuk menunjukkan keterampilan dan kemampuan yang tidak selalu terlihat dalam pengalaman kerja biasa. Misalnya, Anda berpikir tentang meninggalkan pekerjaan di meja perusahaan untuk menjadi dokter hewan. Sebelum Anda mendaftar di sekolah, pertimbangkan menjadi sukarelawan di rumah sakit hewan lokal atau penampungan.

4. Berikan waktu
Sebuah transisi karir yang sukses membutuhkan waktu. Jika itu langkah yang Anda percaya. Lihat apakah ada cara untuk mengasah keterampilan baru di posisi Anda saat ini yang secara langsung akan berlaku untuk jalur karier baru.

5. Merapikan surat lamaran
Saat transisi ke karier baru sangat penting menyertakan surat pengantar kuat beserta resume. Jadilah spesifik, energik dan persuasif dalam menceritakan kisah pekerjaan Anda.


 sumber


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar