guruberpendapat anak bisa susaj

Benarkah perangkat elektronik bisa berimbas pada perkembangan anak? Sebuah studi mengatakan, jumlah penggunaan dan jenis perangkat elektronik mempengaruhi performa anak di kelas.

Hasil sebuah survei menunjukkan, sebanyak 71 persen guru mengatakan media elektronik mengurangi perhatian siswa di kelas. Sementara 59 persen guru berpendapat, siswa yang mengakses media entertainmen mengalami gangguan dalam berkomunikasi langsung. Bahkan 58 persen yakin bahwa media elektronik berimbas buruk pada kemampuan menulis siswa.

Survei ini dilakukan Common Sense Media, sebuah kelompok yang fokus pada imbas penggunaan media elektronik pada anak-anak. Mereka melibatkan 685 guru dari Sekolah Dasar swasta dan negeri di Amerika. Kepada guru ditanyakan bagaimana kebiasaan mengakses teve, video games, telepon seluler, media sosial, musik, dan jenis media lain berpengaruh pada kemampuan siswa di kelas.

Ada sekitar 50 persen guru mengatakan bahwa penggunaan media elektronik di rumah menganggu kualitas pekerjaan rumah (PR) anak-anak. “Banyak guru berpikir siswa yang menghabiskan waktu terlalu banyak dengan media akan tidak mempedulikan PR dan tidak siap saat di kelas,” kata survei tersebut.
Diketahui bahwa anak usia 8-18 tahun biasanya menghabiskan waktu lebih dari 7,5 jam sehari untuk mengakses media demi bersenang-senang. Guru SD menyoroti vide games, teve, dan games komputer sebagai penyebab utama masalah siswa mereka. Sementara ada juga guru yang terganggu dengan siswa yang berkirim pesan teks atau mengakses social media di kelas.

Para guru juga mengakui adanya imbas positif dari media hiburan di rumah. Sebesar 63 persen guru berpendapat, media tersebut membantu siswa menemukan informasi lebih cepat dan efisien. Bahkan 34 persen menyatakan media tersebut meningkatkan kemampuan multitasking siswa.

“Kami tahu bahwa anak-anak kami belajar dari media yang mereka konsumsi. Survei ini adalah pengingat lain mengenai betapa kritisnya kondisi agar kita mulai memandu anak-anak kita agar mereka memilih media yang baik, dan menyeimbangkan waktu mereka,” komentar James Steyer, founder dan CEO Common Sense Media.

»»  READMORE...

Galaxy S4 Diluncurkan Februari Mendatang?

Metrotvnews.com: Samsung sepertinya akan merilis Galaxy S4 setelah S3. Kabarnya, ponsel pintar (smartphone) tersebut akan diluncurkan pada Februari 2013.

Rumor yang beredar menyebutkan, smartphone tersebut memiliki kamera beresolusi 13 megapiksel dan prosesor quad-core Cortex A15.

Galaxy S4 mengusung layar Super Amoled dengan layar 5 inci. Seperti anggota seri Galaxy lain, S4 juga menggunakan sistem operasi Android.

Seandainya rumor itu benar, S4 dihadapkan pada ekspektasi pengamat yang membandingkan dengan penjualan S3. Pasalnya, S3 terjual sebanyak 20 juta dalam waktu tiga bulan setelah diluncurkan.

sumber
»»  READMORE...

Eropa-Rusia Eksplorasi Mars pada 2016

Metrotvnews.com, London: Eropa bersama Rusia telah menyusun rencana bersama untuk melakukan ekplorasi Planet Mars.

Anggota Lembaga Antariksa Eropa (ESA) mengatakan mereka sepakat memberikan peran penting kepada Rusia dalam misi ekplorasi di planet merah itu pada 2016 dan 2018 mendatang.

Kerjasama tahap pertama dalam proyek ini adalah pemantauan gas metana dan gas lain yang berada di atmosfer Mars. Eropa dan Rusia akan melakukan pemantauan dengan satelit khusus.

Selanjutnya, mereka akan melakukan eksplorasi terhadap permukaan planet tersebut. Rusia terlibat dalam proyek eksplorasi Mars bersama ESA setelah sebelumnya AS mengundurkan diri pada awal tahun ini.

Sebelum Rusia masuk, proyek yang disebut dengan ExoMars ini sempat terancam berhenti. Namun, keinginan Rusia untuk bergabung dan mengambambil-alih sejumlah peran yang ditinggalkan AS membuat ExoMars kini punya pijakan lebih pasti dalam melanjutkan programnya.

Sejumlah anggota ESA terlihat senang dengan kemajuan yang didapat ini. Pejabat di ESA mengatakan kemitraan dalam program ExoMars ini akan menjadi semacam pemicu untuk program ekplorasi terhadap planet lain.

"Kami memiliki kesempatan lain untuk mempertimbangkan kerjasama yang lain seperti misi di Planet Jupiter," kata Kepala Hubungan Internasional di ESA, Frederic Nordlund.

"ESA telah memilih pesawat antariksa bernama Juice untuk melakukan misi yang lebih luas di Jupiter dan Rusia memiliki rencana untuk melakukan eksplorasi terhadap Ganymede-bulan terbesar Jupiter- yang tentu menarik bagi Eropa," tambahnya.

sumber
»»  READMORE...

Hacker Sukses Bajak Facebook Wakil PM Israel

Serangkaian akun milik Wakil Perdana Menteri Israel Silvan Shalom berhasil diretas oleh hacker. Pelaku yang bertanggung jawab atas peretasan tersebut ialah ZCompanyHackingCrew, yang telah mengakui tindakannya itu sebagai bentuk tindakan perang cyber melawan Israel.

Dilansir dari RT, Rabu (21/11/2012), akibat ulah hacker tersebut, akun Facebook, Twitter, LinkedIn, dan YouTube Shalom berisi dukungan terhadap perjuangan Palestina. Kelompok ini juga mengklaim berhasil meretas email, kontak, dan dokumen milik Shalom. Bukan hanya itu, kelompok hacker itu juga mengumumkan rencana akan merilis dokumen tersebut secepat mungkin.

Dalam posting Twitter yang dibajak hacker, Shalom menulis "Perang yang tidak adil dan penjajahan. Siapa yang bisa melihat kengerian ini, kematian anak-anak dan orang yang tidak bersalah untuk melindungi tanah yang mereka miliki."

Serangan cyber terhadap pejabat Israel terus terjadi, hanya berselang beberapa hari setelah kelompok hacker Anonymous membocorkan informasi pribadi lima ribu pejabat Israel. Selain itu, Anonymous berhasil menjebol lebih dari tujuh ratus website Israel, termasuk Bank of Jerusalem, Israel Defense Ministry, blog IDF, website resmi Presiden Israel, dan banyak situs lainnya. Mayoritas website yang diserang itu saat ini masih "lumpuh".

Menteri Keuangan Israel Yuval Steinitz, mengakui bahwa sejumlah situs negaranya telah menjadi sasaran serangan hacker. "Selama beberapa hari terakhir, Israel telah menangkis 44 juta serangan cyber terhadap situs pemerintah," tutur Steinitz.

sumber
»»  READMORE...

Teknologi Inovatif Ini Bikin Anda Bebas Macet!

Kemacetan menjadi salah satu momok yang menakutkan, bahkan ketika sedang berkendara seorang diri dan terjebak macet, rasanya ingin menerbangkan kendaraan seperti layaknya helikopter. Oleh sebab itu, HX-1 mungkin menjadi salah satu inovasi dari perusahaan Jepang dapat merealisasikan khayalan Anda.

Meski tidak mengubah kedaraan Anda terbang layaknya helikopter, namun dengan helikopter satu awak yang berbahan bakar baterai nampaknya sangat cocok digunakan.

Sebuah perusahaan asal Jepang, Hirobo mengumumkan rencananya untuk meluncurkan helikopter tersebut. Dikutip dari Ohgizmo, Rabu (21/11/2012), kendaraan inovatif ini dapat terbang menggunakan remote atau dikendarai oleh seorang pilot saja, dan berbicara soal kecepatan helikopter ini dapat dipacu hingga 62mph.

Bagi Anda yang berminat untuk menaruh helikopter ini di halaman rumah Anda, nampaknya harus bersiap-siap merogoh kocek dalam-dalam. Pasalnya, HX-1 dibanderol dengan USD125 juta atau sekira Rp1,2 triliun dan kemungkinan baru akan meluncur pada 2021.

Harga semahal itu kata produsen helikopter remote control (RC), Kotaro Matsuzaka sebanding dengan proses pengembangan yang cukup lama dan merupakan proyek yang tidak sederhana. Rencananya, prototipe ini akan diuji pada 2013 awal. Dan apabila sesuai dengan rencana, perusahaan akan meluncurkan produk tanpa awak yang dilego USD125 ribu, namun sayangnya perusahaan masih merahasiakan nama dan model helikopter tersebut.

sumber



»»  READMORE...

Pulau Sandy di Google Maps Tak Pernah Ada

Para ilmuwan Australia menemukan kesalahan mengenai pencantuman sebuah pulau di Pasifik Selatan dalam peta maritim Australia. Pulau kecil yang disebut Sandy di layanan Google Maps itu ternyata tidak pernah ada.

Pulau yang ditulis di peta Google itu, terletak di tengah-tengah Australia dan Kaledonia Baru yang dikuasai Prancis itu ternyata sama sekali kosong.

Sebuah media Australia melaporkan, para ilmuwan dari Universitas Sydney yang mengunjungi kawasan itu mengatakan mereka hanya menemukan perairan di Lautan Coral itu, dan tidak menemukan pulau yang dinamakan Sandy tersebut.

Dalam peta Google itu menunjukkan bahwa Pulau Sandy duduk di Laut Coral antara Australia dan New Caledonia. Bahkan, dalam peta itu digambarkan pada grafik kelautan dan peta dunia.

Surat kabar itu menambahkan bahwa pelayaran yang dipimpin oleh Dr Maria Seton - seorang ahli geologi dari Universitas Sydney, bahwa ilmuwan yang ikut serta dalam kunjungan ke kawasan itu mengatakan, tim peneliti memperkirakan akan menemui daratan dan bukan lautan sedalam 1400 meter.

“Karena itu kami sangat bingung ketika menjumpai tempat tersebut, bagaimana kawasan ini bisa masuk dalam peta, karena itu kami ingin mencari tahu lebih jauh soal ini (keberadaan pulau Sandy),” kata Maria Seton seperti dlilansir tvnz.co.nz, Jumat (23/11/2012).

Badan Hidrografi Australia yang memproduksi peta bahari negara itu mengatakan, dicantumkannya pulau itu di Google Earth kemungkinan karena kesalahan orang yang tidak diperbaiki selama bertahun-tahun.

Sementara, juru bicara Google mengatakan mereka telah berkonsultasi dengan berbagai pihak saat menyusun peta. "Dunia terus berubah dan kami terus memperbarui, serta melakukan upaya yang tidak akan pernah berakhir," katanya, seperti dikutip BBC.

sumber
»»  READMORE...

Peneliti Ungkap "Misteri" Salah Satu Planet Kecil

Dalam formasi tata surya, diketahui terdapat orbit planet-planet kecil yakni Pluto, Humea, Makemake, dan Eris. Baru-baru ini, para peneliti berhasil menguak rahasia dari salah satu planet kecil itu, yakni Makemake.

Planet Makemake berukuran tiga per empat dari Pluto, berada lebih dekat dengan dengan matahari ketimbang Eris, yang dikenal sebagai planet kecil paling besar dari tata surya. Para peneliti berharap bahwa Makemake memiliki atmosfer seperti Pluto.

Penelitian internasional yang dipimpin oleh Jose Luis Ortiz dari Andalusian Institute of Astrophysics di Spanyol menggunakan tujuh teleskop yang terletak di Chili dan Brasil untuk melakukan observasi planet kecil Makemake. Demikian dilansir dari Softpedia, Sabtu, (24/11/2012).

Dalam prosesnya, para peneliti mengamati planet yang memiliki rata-rata suhu yang rendah (sekira 30 K). Para peneliti pun menduga bahwa suhu pada Makemake menunjukan kondisi serupa dengan Pluto.

"Makemake lewat di depan bintang dan diblokir keluar, kemudian bintang menghilang dan tiba-tiba muncul, bukannya memudar justru cahayanya cerah secara bertahap," kata Dr Ortiz.

Dengan begitu, para peneliti pun akhirnya menanggalkan prediksinya bahwa planet tersebut memiliki atmosfer yang signifikan. "Dengan demikian, planet ini tidak memiliki atmosfer yang signifikan. Sebelumnya, banyak yang beranggapan Makemake atmosfir yang bagus," imbuh Ortiz.

"Mencari tahu tentang sifat Makemake untuk pertama kalinya merupakan langkah awal untuk meneliti planet kecil yang lain," tandasnya.

sumber
»»  READMORE...

Bukti Baru Tolak Teori Keruntuhan Suku Maya

Sebuah mural emboss (timbul) yang memiliki berbagai warna dan beberapa fragmen semen milik dinasti suku Maya paling kuno di Dzibanche, Quintana Roo telah ditemukan. Mural itu merupakan bukti baru dalam misteri yang melingkupi suku tersebut.

Dilansir dari Art Daily, Rabu (21/11/2012), bukti tersebut mengindikasikan bahwa tempat itu masih dihuni suku Maya sampai abad ke-13. Rentang waktu tersebut lebih lama jika dibandingkan dengan teori keruntuhan suku Maya yang meyakini bahwa metropolis di sana ditinggalkan sama sekali pada abad ke-11.

Penemuan ini dicapai beberapa bulan lalu, setelah para ahli membuka kembali investigasi Enrique Nalda (1936 - 2010) terhadap metropolis suku Maya. Pada penjelajahan terakhirnya, Nalda menemukan sisa manusia dan beberapa benda yang digunakan untuk persembahan.

Arkeolog Sandra Balazario, bertanggung jawab atas proyek investigasi di Dzibanche, melaporkan penemuan itu sebagai indikator bahwa kota tersebut tetap dihuni sampai periode Pasca Klasik Akhir (1200 - 1550 masehi). "Ini relevan karena investigasi kami sebelumya menunjuk ke sebuah pemukiman di periode Klasik Akhir (800 - 1000 masehi).

Di antara objek yang ditemukan terdapat sebuah kuali tanah liat dari masa Klasik Akhir. Kuali tanah liat tersebut telah rusak saat ritual masa pra hispanik dan disimpan sebagai persembahan. Dekorasi pada kuali tanah liat itu menampilkan salah satu dari Testigo Cielo bersaudara, salah satu pemimpin terpenting dari dinasti Kaan.

Kuali tanah liat tersebut beserta ikonografi mural dan dekorasi semen yang ditemukan berhubungan dengan dinasti Kaan, mengindikasikan kelanjutan keturunan di metropolis suku Maya itu.

"Ini relevan karena sebelumnya informasi yang kami miliki adalah dinasti Kaan menghuni Dzibanche di periode Klasik. Lalu pada periode Klasik AKhir, mereka bermigrasi ke Calakmulk. Namun, setelah penemuan ini, kami mengetahui bahwa ada keluarga Kaan yang berlanjut menetap di Dzibanche untuk mengendalikan kota itu," terang Balanzario.

sumber



»»  READMORE...

"Microsoft Butuh Kesuksesan Windows 8 Dibanding Surface"

Meluncurnya sistem operasi terbaru Microsoft, Windows 8 dan tablet Surface mengundang reaksi dari berbagai pihak, termasuk CEO Netflix yang baru-baru ini memutuskan hengkang dari jajaran dewan direksi Microsoft, Reed Hastings. Menurut Hastings, Surface bukan lah patokan kesuksesan Microsoft, melainkan Windows 8.

Dilansir dari Neowin, Rabu (21/11/2012), meski Hastings menyukai tablet baru Microsoft, tapi nyatanya ia merasa bahwa Surface bukan tolak ukur kesuksesan Microsoft. "Apakah Windows 8 sukses? Itu lah pertanyaan yang lebih relevan. Surface merupakan sebuah taktik untuk memacu orang dan membuat Windows 8 sangat berhasil. Bisa dibilang semacam, tidak perduli bagaimana kesuksesan Surface, tapi justru yang harus diperhatikan bagaimana kesuksesan Windows 8," ungkap Hastings.

"Microsoft akan menjual 350 juta PC tahun depan dan semuanya hadir dengan Windows 8. Jadi ada basis besar untuk aplikasi Windows 8 dan kemudian mulainya gebrakan siklus aplikasi yang membuatnya menjadi berharga," tuturnya.

Hastings juga merasa bahwa CEO Microsoft Steve Ballmer tahu dengan jelas tantangan yang dihadapi oleh raksasa piranti lunak tersebut. "Dia luar biasa sadar diri dan cerdas. Jika Windows 8 ini sukses, maka akan menghapus ketakutan yang besar, tapi jika tidak, ini akan menjadi pertempuran berbeda," pungkasnya.

sumber
»»  READMORE...

Diguyur Keluhan, Microsoft Selidiki Windows 8

Microsoft melakukan penyelidikan terkiat laporan sejumlah isu yang terjadi pada perangkat Windows 8.

Sebelumnya, pemilik HTC Windows Phone 8X dan Nokia Lumia 920 mengeluhkan perangkat mereka yang kerap reboot secara otomatis, masalah sinkronisasi email, dan ketahanan baterai yang buruk.

"Kami sedang menyelidiki laporan terkait insiden ini," kata Micorosoft seperti dikutip dari ZDNet, Rabu (21/11/2012). Guyuran masalah ini tentunya "menampar" Microsoft, pasalnya Windows Phone 8 dikeluarkan untuk menyaingi dan mencoba mengambil pasar yang saat ini dikuasai Google Android.

Selain masalah itu, sejumlah pengguna juga mengeluhkan aplikasi Facebook dan pratinjau Skype untuk Windows Phone 8. Namun hingga kini belum diketahui pasti penyebab masalah tersebut.

Bersamaan dengan isu reboot, pemilik Nokia Lumia 920 juga mengeluhkan masalah daya tahan baterai. Para pengguna melaporkan bahwa baterai perangkat mereka cepat terkuras habis. Sementara itu, kedua vendor yaitu HTC dan Nokia belum mengonfirmasi mengenai masalah ini.

sumber
»»  READMORE...

Apple Resmi Miliki Nama "iMessage"

Apple kembali menambah rentetan merek dagangnya. Kali ini, layanan instant messenger, iMessage, resmi terdaftar sebagai merek dagang Apple pada 20 November.

Dilansir dari Mashable, Kamis (22/11/2012), Apple berhasil memiliki nama "iMessage" setelah mengajukan merek dagang tersebut pada September 2011. Diluncurkan saat ajang Worldwide Developer Center pada Juni 2011, iMessage kini telah tersedia di berbagai perangkat iOS dan OS X.

Tak puas dengan memiliki merek dagang iMessage, Apple juga mengajukan produknya yang lain yakni merek dagang aplikasi yang terkait dengan Passbook di International Calssification 035. Maka dengan resminya memiliki merek dagang iMessage, perusahaan yang didirikan Steve Jobs itu semakin memperkaya pundi-pundi kekuasaannya.

iMessage pun medulang kesuksesan. Pada 24 Oktober 2012, Apple mengumumkan bahwa iMessage menerima 28 ribu iMessage setiap detik dan 399 miliar iMessage telah dikirim hingga saat itu.

sumber
»»  READMORE...

Perusahaan Ini Siapkan Toko Aplikasi Android untuk Indonesia

Startup teknologi Finlandia, Blaast, membuka toko aplikasi Android untuk memenuhi permintaan pengguna smartphone dengan harga terjangkau di Indonesia. Toko Android itu akan diluncurkan di Indonesia dengan menggandeng PT. XL Axiata.

Dilansir dari Reuters, Kamis (22/11/2012), perusahaan yang didirikan pada 2010 ini telah mengembangkan sebuah platform untuk mendistribusikan aplikasi ponsel mid-range, sehingga operator bisa menjual paket data yang telah dibundel dengan akses gratis ke aplikasi.

"Android akan menguasai lebih dari 75 persen dari penjualan smartphone di pasar negara berkembang," kata Chief Executive Blaast Joonas Hjelt.

Di Indonesia, Blaast akan menggandeng XL Axiata untuk meluncurkan toko aplikasi Android tersebut dalam smartphone terbaru Sony, Xperia J. Sejauh ini, operator di Malaysia dan Bangladesh telah meluncurkan layanan Blaast untuk basic phone.

Saat ini Android memang sedang menjadi primadona smartphone dan menguasai sekira dua per tiga dari penjualan smartphone global. Smartphone yang dibanderol kurang dari USD200 (sekira Rp1,9 juta) semakin mendorong penjualan Android, khususnya di pasar negara berkembang.

sumber
»»  READMORE...

BlackBerry 10, Pertaruhan Besar RIM

Saat mengambil alih pucuk pimpinan sebagai Chief Executive officer (CEO) Research In Motion (RIM), Thorsten Heins mengatakan bahwa ia mendapatkan banyak saran, termasuk membuat perangkat Android. Namun RIM akhirnya tidak memilih Android, sebaliknya justru membuat taruhan besar dengan tetap mengusung sistem operasi besutan sendiri, BlackBerry 10.

"Saya mendapatkan banyak nasihat untuk memilih Android, tapi tidak ada banyak peluang," kata Heins dalam sebuah wawancara, seperti dilansir dari AllThingsD, Minggu (18/11/2012).

Meski begitu, Heins mengakui bahwa Samsung yang membuat komponen sendiri telah berhasil melahirkan bisnis yang bagus bagi perusahaan. Namun jika RIM memilih Android, maka akan meninggalkan kesan yang buruk bagi pengguna BlackBerry.

"Ini (memilih Android) tidak akan menjadi sebuah penghargaan yang utuh bagi pengguna BlackBerry kami," jelasnya.

Sebagai gantinya, Heins memilih melakukan pertaruhan yang jauh lebih besar dengan sistem operasi besutan perusahaannya, BlackBerry 10. Heins mengatakan langkah tersebut bukan hanya menghidupkan kembali bisnis smartphone, tapi juga menciptakan sebuah platform untuk dekade selanjutnya dari komputasi mobile.

"Saya sangat senang saat ini karena keputusan yang telah kami buat," ungkapnya.

Heins pun mengakui, RIM terlambat menyadari perubahan bahwa pelanggan menyukai layar berukuran besar, kekuatan aplikasi dalam email, keamanan, pengetikan, dan daya tahan baterai.

"Belakangan, apa yang saya bisa katakan ialah kami mungkin tidak mendeteksi gerakan dengan cukup cepat. Tapi sekarang, saya pikir kami bersentuhan dengan realitas," pungkasnya.

Sementara itu, RIM akan mengahadapi saat penting dalam sejarah perusahaan, karena semakin dekat dengan peluncuran perangkat berbasis BlackBerry 10 pada 30 Januari 2013.

sumber
»»  READMORE...

Video Samsung Tunjukkan Layar Elastis

Layar AMOLED elastis yang sedang digarap Samsung memang telah beberapa kali mengalami penundaan. Meskipun begitu, raksasa elektronik Korea Selatan ini meluncurkan sebuah video demo mengenai pemanfaatan layar tersebut.

Dilansir dari TechRadar, Kamis (8/11/2012), bila umumnya layar dibuat dari bahan kaca, layar elastis ini dibuat dari bahan plastik sehingga tembus pandang dan hampir tidak bisa dihancurkan.

Teknologi berbasis pada plastik ini juga memungkinkan layar menjadi sangat tipis, ringan serta cukup elastis untuk ditekuk, gulung atau dilipat tanpa harus merusaknya.

Video layar fleksibel yang diunggah Samsung ini tampak layaknya sebuah film fiksi ilmiah. Di dalamnya ditunjukkan berbagai layar sentuh setipis kertas yagn menggantikan koran, kartu kredit serta jam tangan.

Teknologi layar baru ini juga disematkan di lemari pendingin, dinding dan mobil. Salah satu adegan yang menarik adalah ketika seseorang menunjukkan sebuah tablet yang layarnya terpasang di sebuah pena.
»»  READMORE...

Firefox 17 Rilis, Namun Tidak Dukung OS Leopard

Mozilla baru saja meluncurkan browser Firefox 17, namun kali ini browseritu tidak lagi mendukung OS X 10.5 Leopard.Seperti dikutip dari Ubergizmo, beberapa fitur yang ada di Firefox 17 antara lain adalah tambahan untuk Social API dan dukungan untuk integrasi Facebook Messenger, serta dukungan fitur click-to-play, yang mencegah plugin untuk menyala sendiri tanpa seijin pengguna.
Sedangkan untuk kecepatannya, dikabarkan Firefox 17 bakal lebih cepat 20 kali dari browser sebelumnya.
Sementara itu, langkah untuk tidak mendukung OS Leopard ini dikatakan oleh pihak Mozilla untuk 'membebaskan sumber untuk sejumlah fitur baru Mac seperti Native Full Screen support dan tool akses terbaru di Mac'.


sumber
»»  READMORE...

Selamatkan Satwa Langka, Brasil Lakukan Kloning

Berbagai macam cara yang dilakukan untuk menyelamatkan satwa terancam punah. Salah satunya dengan cara kloning. Hal itu dilakukan oleh para ilmuwan di Brasil.Sejumlah ilmuwan di Brasil mencoba menyelamatkan satwa terancam punah melalui teknologi kloning. Mereka melakukannya terhadap beberapa jenis satwa seperti jaguar dan berbagai satwa lainnya.
“Ide awalnya adalah dimulai dari satwa yang terancam punah, atau spesies yang jumlah populasinya menyusut dengan tajam. Misalnya jaguar, rubah merah (Chrysocyon brachyurus), ataupun kijang endemik,” ujar Carlos Frederico Martins, peneliti dari Embrapa Cerrado, seperti dikutip dari AFP.
Embrapa Cerrado merupakan lembaga penelitian hewan milik pemerintah yang kini tengah mengadakan kerjasama dengan Brasilia Zoo yang memiliki sejumlah koleksi satwa terancam punah. Kerjasama tersebut berupa eksperimen terhadap inseminasi buatan dan transplantasi embrio bagi sejumlah spesies terancam punah.
Setelah kloning dilakukan, para satwa yang terancam punah itu tidak akan dilepaskan ke habitat aslinya karena hanya akan berkontribusi kecil terhadap penyelamatan spesiesnya dalam jangka pendek. Namun seiring dengan waktu, satwa yang menjalani program inseminasi buatan ataupun transplantasi embrio, nantinya akan dilepasliarkan.
Menurut Martins, pihaknya masih membutuhkan waktu beberapa tahun ke depan untuk melakukan penelitian mendalam sebelum para satwa tersebut berhasil dikloning.
Sebelumnya, para ilmuwan di negeri itu berhasil melakukan kloning terhadap seekor sapi yang lahir pada Maret 2001. Mereka melakukan kloning terhadap hewan ternak untuk meningkatkan efisiensi dan karakteristik yang dibutuhkan.
Saat ini Brasil merupakan eksportir daging sapi terbesar di dunia.

sumber
»»  READMORE...

Tiga Pusat Sains Dunia Kerjasama Kembangkan IPTEK

Tiga pusat sains dunia, yakni Pusat Peragaan IPTEK (Indonesia), Questacon (Australia) dan Exploratorium (AS) menjalin kerjasama dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Seperti apa?Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatangan proyek percontohan kerjasama tripartit di gedung Pusat Peragaan IPTEK di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), jakarta, Senin (19/11).
Direktur Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP-IPTEK) Sukro Muhab mengatakan bahwa proyek kerjasama ini diwujudkan dalam bentuk workshop 'Science Center Capability Development', yang berlangsung pada 19-30 November 2012 dengan diikuti 25 peserta perwakilan dari Indonesia, AS,dan Australia.
“Kerjasama dari tiga pusat sains ini meliputi pengembangan dalam bidang peragaan interaktif sains, program pendidikan sains, perencanaan strategis, monitoring, dan evaluasi serta bidang komunikasi sains bagi seluruh pusat sains yang ada di Indonesia. Kegiatan ini tak hanya dilakukan di Indonesia, melainkan juga di Australia dan AS di masa yang akan datang," papar Sukro.
Selain meningkatkan kerjasama, kegiatan ini juga untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan sumber daya manusia di pusat sains di Indonesia.
"Kegiatan ini juga bertujuan mengembangkan ide serta berinovasi yang berimplikasi pada pemasyarakatan dan pemanfaatan sains dan teknologi oleh masyarakat Indonesia," ujar Sukro.
Ia menambahkan, pusat sains sangat penting dalam mengenalkan sains dan teknologi kepada generasi muda. Selama ini, sains kerap dianggap sebagai sesuatu yang menakutkan.
"Padahal sains itu sangat menyenangkan dan ada di sekitar kita," lanjutnya.
Saat ini, pusat sains tidak hanya ada di Jakarta tapi ada delapan daerah lainnya seperti Bandung, Yogyakarta, Palembang, Sawahlunto, Pontianak, Medan, Kalimantan Selatan, dan Sidoarjo.

sumber
»»  READMORE...

Retweet Postingan Korut, Pemuda Korsel Masuk Bui

Seorang pemuda asal Korea Selatan dijatuhi hukuman 10 bulan penjara karena me-retweet kicauan propaganda dari pihak Korea Utara. Benarkah?Dilansir AP, pengadilan Suwon District Court menghukum Park Jeong-geun dengan hukuman penjara 10 bulan.
Hukuman ini merujuk kepada UU National Security Law yang melarang warga Korea Selatan memuji segala hal tentang Korea Utara. Bahkan UU ini mematok hukuman terlama selama tujuh tahun penjara.
Pengadilan mengatakan bahwa mereka menunda penerapan hukuman itu karena Park berjanji tidak mengulangi perbuatannya tersebut.
Pemuda berusia 24 itu me-retweet sejumlah posting-an dari akun Twitter milik Korea Utara pada tahun lalu.
Park juga dilaporkan menyangkal bahwa ia bermaksud memuji pihak Pyongyang, dan mengatakan bahwa ia hanya bermaksud 'menyerang' pihak Korea Utara.

sumber
»»  READMORE...

Media Prancis Tuduh AS Lakukan Serangan Cyber

Amerika Serikat (AS) dituduh telah menggunakan perangkat lunak mata-mata untuk menyusup ke dalam sistem komputer di kantor mantan Presiden Prancis, Nicolas Sarkozy. Tuduhan tersebut dilayangkan oleh sebuah majalah berita Prancis, L'Express.

Majalah itu menuduh AS melakukan serangan cyber selama pekan terakhir masa kepemimpinan Sarkozy sebagai presiden. Pada Mei 2012, beberapa komputer penasihat dekat Sarkozy, termasuk kepala staf Xavier Musca, telah diganggu oleh virus komputer yang mirip dengan Flame, yang diduga dibuat oleh tim AS - Israel untuk menargetkan program nuklir Iran.


"Anda bisa memiliki hubungan yang sangat baik dengan negara "ramah" dan masih menginginkan jaminan mereka yang tak tergoyahkan, terutama selama masa transisi," kata seorang pejabat setempat kepada majalah tersebut, seperti dilansir dari israelnationalnews, Kamis (22/11/2012).


Pemerintah Obama, pada Rabu, waktu setempat, langsung membantah laporan tersebut. "Kami dengan tegas membantah tuduhan dari sumber-sumber yang tidak disebutkan namanya yang menyebutkan bahwa pemerintah AS berpartisipasi dalam serangan cyber melawan Pemerintah Prancis. Prancis merupakan salah satu sekutu terkuat kami," kata juru bicara Departemen Keamanan Dalam Negeri AS Matthew Chandler kepada surat kabar The Hill.

sumber
»»  READMORE...

Ingin Tetap Sehat dengan Makan Daging? Ini Caranya

Jakarta, Daging yang berasal dari sapi atau kambing dan daging unggas seperti ayam dan bebek merupakan sumber protein tinggi. Tapi dagung-daging tersebut juga bisa menjadi sumber lemak tak sehat dan kolesterol.

Masalahnya, banyak orang yang kadung sepakat jika makin tinggi lemaknya justru rasa dagingnya akan semakin enak. Hal ini tentu tidak baik karena dapat berujung pada konsumsi yang berlebihan sehingga memicu sejumlah gangguan kesehatan yang berkaitan dengan asupan lemak dan kolesterol melebihi batas normal.

Lalu bagaimana caranya agar Anda tetap bisa enak makan daging tanpa harus terkena risikonya? Simak beberapa tips yang dikutip dari mayoclinic, Minggu (28/10/2012) berikut ini.

1. Jangan asal memilih daging
Pilih potongan daging dan unggas ada yang rendah lemak misalnya di bagian topside/round (bagian paha belakang yang mendekati area pantat sapi), chuck (bagian atas paha depan), sirloin (has luar) dan tenderloin (has dalam).

Jika sudah dikemas, pilih yang berlabel 'Choice' atau 'Select'. Tak masalah jika Anda ingin tetap mempertahankan kulit daging unggas saat dipanggang tapi usahakan agar kulit dan lemaknya itu tak termakan.

2. Gunakan bumbu tertentu
Bumbu ini dimaksudkan untuk melunakkan daging sekaligus membuatnya tetap lembab ketika diolah, termasuk meningkatkan cita rasa yang mungkin akan hilang karena Anda menghilangkan lemaknya. Pilihlah bumbu-bumbu rendah lemak seperti campuran herba atau rempah-rempah, saus kedelai dan jus lemon.

3. Pakai metode pengolahan rendah lemak
Metode pengolahan rendah lemak misalnya dipanggang, dibakar dan ditumis karena cara-cara ini dapat melelehkan lemak yang ada di dalam daging.

Jadi misalnya Anda memasak daging di dalam oven, pastikan Anda meletakkan dagingnya di atas loyang agar lemaknya bisa menetes keluar.

4. Masaklah yang berkuah
Buatlah masakan yang dapat mencampurkan daging dengan kuah seperti sup. Sehari atau dua hari kemudian masakan ini dapat dimasukkan ke freezer jadi ketika makanan ini sudah membeku, lemaknya akan mengeras dan berkumpul di puncak daging sehingga Anda dapat menghilangkannya dengan mudah.

5. Perhatikan ukuran penyajiannya
Kurangi ukuran porsi daging yang Anda konsumsi akan ikut mengurangi asupan lemak dan kolesterol Anda. Daging yang akan dihidangkan itu pun tak boleh lebih dari 3 ons (85 gram).

3 Ons itu juga sama halnya dengan separuh dada ayam tanpa tulang dan kulit atau satu paha ayam tanpa kulit atau dua irisan tipis sapi panggang tanpa lemak.

Dietary Guidelines for American tahun 2010 juga merekomendasikan agar setiap orang mengurangi konsumsi daging merah dan daging unggas mereka. Kalaupun dikonsumsi, carilah yang tanpa lemak atau lemaknya sudah dikurangi.

Sebagai gantinya, pertimbangkan untuk lebih sering mengonsumsi ikan dan makanan laut. Kalau perlu pilih makanan yang tak menggunakan daging.

sumber
»»  READMORE...

Amazon Ledek iPad Mini

iPad Mini dijadwalkan mulai tersedia pada 2 November 2012 di 34 negara yang mayoritas terletak di benua Amerika dan Eropa.

Sebelum benar-benar beredar di pasaran, para pesaing Apple langsung bergerak cepat untuk menghadang penjualan tablet terbaru besutan Apple tersebut.

Salah satunya, Senin (29/10/2012), Amazon memasang perbandingan antara perangkat tablet milik mereka, Kindle Fire HD, dengan iPad Mini di halaman awal situs resmi Amazon.

Di bagian atas dari perbandingan tersebut, terdapat sebuah kutipan komentar dari situs teknologi Gizmodo, "... tablet 7,9 inci Anda (Apple) memiliki piksel yang jauh lebih sedikit dibandingkan tablet 7 inci pesaing! Anda menjejalkan layar yang lebih buruk di tablet tersebut, membanderol lebih, dan menuduh yang lainnya kompromi!".

Pada perbandingan tersebut, Amazon menuliskan tagline "Much More for Much Less" (dapat berlebih untuk jauh lebih sedikit). Kemungkinan besar, Amazon menuliskan hal tersebut karena produk Kindle Fire HD memiliki harga yang lebih murah, tetapi dilengkapi dengan fitur yang lebih kaya.

Amazon menuliskan kalau Kindle Fire HD menggunakan layar HD dengan 30 persen piksel lebih banyak dari iPad Mini, kerapatan layar 216 piksel, kemampuan untuk memutar film HD dan TV, dual stereo speaker, dan WiFi super kencang.

Sedangkan iPad Mini hanya memiliki layar dengan resolusi yang lebih kecil, kerapatan layar 163 piksel, tidak bisa memutar film HD dan TV, dan mono speaker.

Di bagian bawah perbandingan tersebut, Amazon seperti ingin menunjukkan jauhnya perbedaan harga di antara kedua perangkat tersebut, 199 dollar AS untuk Kindle Fire HD dan 329 dollar AS untuk iPad Mini.

sumber
»»  READMORE...

25 Primata Dunia Terancam Punah, 3 dari Indonesia

Organisasi dunia untuk konservasi alam, IUCN (International Union for Conservation of Nature), baru saja merilis daftar '25 Primata Dunia Terancam Punah'. Dari daftar ini, tiga di antaranya merupakan primata dari Indonesia.
Tiga spesies primata dari Indonesia yang terancam punah tersebut adalah Tarsius Gunung (nama Latin: Tarsius Pumilus), Kukang Jawa (Nycticebus Javanicus), dan Monyet Simokobu atau dikenal dengan sebutan Monyet Ekor Babi (Nasalis Concolor).
Tarsius Gunung merupakan spesies asli Sulawesi. Sementara Kukang Jawa berasal dari Jawa dan Monyet Ekor Babi adalah spesies asli Kepulauan Mentawai.
Daftar ini dikeluarkan oleh IUCN baru-baru ini dalam Convention on Biological Diversity PBB di Hyderabad, India. Asal primata yang paling mencolok berasal dari tiga negara, termasuk Indonesia, yang memiliki primata terancam punah lebih dari dua spesies.
Ketiga negara itu adalah Madagaskar (enam spesies), Vietnam (lima spesies), dan Indonesia (tiga spesies).
Disebutkan oleh IUCN, kebanyakan spesies monyet di Asia terancam karena banyak hal. Bukan hanya karena perburuan dan kehilangan habitat. Tapi juga perburuan anggota tubuh untuk memuaskan permintaan (pasar) masyarakat Asia untuk masakan eksotis, obat-obatan, dan zat perangsang.
Ingin tahu daftar lengkap dari '25 Primata Dunia yang Terancam Punah' yang dilansir oleh IUCN? Langsung saja klik di sini.

sumber

»»  READMORE...

Superkomputer Tercepat di Dunia

      
Seperti dikutip dari IndiaTimes, superkomputer Cray yang dimiliki oleh Oak Ridge National Laboratory, pemerintah AS, disebut sebagai salah satu superkomputer tercepat, yang mampu mengalahkan superkomputer IBM di pusat penelitian yang lain.
Peringkat tersebut dikeluarkan oleh para peneliti di AS dan Jerman. Para peneliti menemukan bahwa sistem superkomputer Titan Cray XK7 yang dipasang di Oak Ridge, Tennesse, kecepatannya mencapai 17,59 petaflop, atau setara dengan 1,000,000,000,000,000 kalkulasi per detik.
Titan, yang mendapat pendanaan dari US Department of Energy, digunakan untuk penelitian energi, perubahan iklim, efisiensi mesin, dan penelitian sains lainnya.
Titan berhasil mengalahkan superkomputer IBM Sequoia di Lawrance Livermore National Laboratory di California, yang kecepatannya hanya bisa mencapai 16,32 petaflop

sumber

.

»»  READMORE...

Inilah Fakta Penyebab Anak Alami Pubertas Dini

Hadirnya pubertas dini pada diri anak-anak terutama perempuan yang ditandai dengan timbulnya haid akan menimbulkan keheranan tersendiri bagi orangtuanya, terlebih para ibu.

Berbicara mengenai pubertas, gejala ini merupakan fase pertumbuhan yang dialami anak perempuan.
Biasanya hal itu ditandai membesarnya payudara, badan bertambah tinggi, tubuh mulai membentuk, bokong menjadi lebih penuh, munculnya bau badan, keluarnya cairan putih dari kemaluan, menstruasi, tumbuhnya rambut kelamin, dan munculnya jerawat.

Kehadiran pubertas menandakan bahwa anak perempuan tersebut telah menginjak usia dewasa dan ditandai dengan aktifnya organ seksual mereka. Secara umum, masa pubertas hadir pada usia belasan atau anak menjelang duduk di bangku sekolah lanjutan pertama.

Dilansir Guardian, studi komprehensif yang dilakukan American Academy of Pediatrics (AAP) menunjukkan, anak-anak masa sekarang menunjukkan tanda-tanda pubertas enam bulan sampai dua tahun lebih awal dari sebelumnya.

Pada penelitian sebelumnya, anak perempuan juga tampaknya mengalami masa pubertas lebih cepat. Sebuah studi pada 2010, yang diterbitkan dalam Journal of Pediatrics AS, menemukan, anak gadis mengalami tanda-tanda masa pubertas lebih awal dengan tumbuhnya payudara pada usia tujuh tahun.
Temuan itu tidak hanya terjadi di Amerika Serikat. Penelitian lain menunjukkan kecenderungan yang sama pada anak perempuan di seluruh dunia.

Sekarang melalui penelitian AAP yang resmi dirilis pada konferensi nasional di AS, menunjukkan tren yang sama di anak laki-laki yang ditandai pertumbuhan ukuran testis.

Beberapa ahli menghindar dari berspekulasi tentang penyebabnya, namun beberapa ahli sepakat tentang adanya perubahan dalam diet. Selain itu, juga fakta bahwa anak-anak saat ini kurang aktif secara fisik dan terjadinya pergeseran lingkungan.

Para ahli juga sepakat, bahwa kenaikan berat badan mungkin menjadi faktor yang mungkin menjadi penyebab lebih awalnya massa pubertas.
Hal ini memperkuat asumsi di kalangan anak perempuan, bahwa lemak tubuh terkait dengan produksi hormon estrogen, namun hal ini belum jelas pada anak laki-laki. Juga, belum diketahui secara pasti, apakah kenaikan berat badan adalah pemicu pubertas atau hanya merupakan konsekuensi dari itu.

Penyelidikan AAP juga menememukan, anak laki-laki kulit hitam Amerika mulai menunjukkan tanda-tanda pubertas pada sedikit lebih tua dari usia sembilan, sementara anak-anak putih dan Hispanik melakukan hal yang sama setelah usia 10 tahun.

"Bisa jadi biologis, genetik atau lingkungan bisa menjadi penyebab pada anak-anak Afrika Amerika, namun tidak berpengaruh pada anak-anak kulit putih. Kami benar-benar tidak tahu," Kata Richard Wasserman, direktur Pediatric Research AAP.

Tak hanya itu, beberapa kondisi medis yang mempengaruhi hormon dapat menyebabkan pubertas dini pada anak laki-laki dan perempuan.
Meskipun jarang, McCune-Albright Syndrome, hiperplasia adrenal kongenital dan tiroid dapat membuat penyimpangan hormonal yang menyebabkan pubertas dini. Selain itu, anak laki-laki dengan kelebihan produksi hormon seks pria, seperti testosteron, juga dapat mengalami pubertas dini.

Racun lingkungan

Penelitian telah membuktikan bahwa racun dari lingkungan dapat mempengaruhi hormon dan menyebabkan pubertas dini.
Studi yang dilakukan Dr Maria Wolff dan rekannya dari Mount Sinai School of Medicine, menemukan bahwa efek bahan kimia tertentu yang ditemukan dalam berbagai macam produk sehari-hari, seperti cat kuku, kosmetik, parfum, lotion dan shampoo, menunjukkan hubungan langsung dengan pertumbuhan dini payudara dan rambut kemaluan pada anak perempuan.

sumber 

»»  READMORE...

Ini Jenis Olahraga Perempuan Supersibuk

Sebagian wanita yang tinggal di kota-kota besar cenderung memiliki beragam aktivitas dan mengesampingkan olahraga.

Padahal olahraga merupakan hal sangat penting terlebih dalam kaitanya dengan kesehatan tubuh. Dengan olahraga, kita dapat menjaga kesehatan tubuh dan mencegah datangnya berbagai macam penyakit.

Karena itu, diperlukanlah cara tersendiri untuk dapat berolahraga di sela-sela kesibukan tersebut dan tips mengenai olahraga untuk orang sibuk ini akan sangat membantu.Berikut beberapa jenis olahraga yang dianjurkan bagi perempuan super sibuk, seperti dilansir Prevention

Lompat tali

Latihan ini bisa membakar 340 kalori hanya dalam 30 menit saja. Hal ini sebanding dengan stationery bicycle selama 30 menit.
Keunggulannya, kita tak perlu bersusah payah meluangkan waktu ke gym, hemat biaya, hemat tempat, dan jelas hemat biaya.

Satu lagi, kita bahkan tak perlu khawatir jika tak punya skipping rope. Pasalnya, gerakan melompat tetap efektif tanpa tali sekalipun.
Agar hasilnya maksimal, bukalah sedikit kedua kaki saat melompat. Usahakan agar lompatan-lompatan yang dibuat tak jauh dari tanah.

Yoga

Lakukan yoga selama 20 menit di meja Anda. Hal ini bisa berfungsi menenangkan pikiran tentang pekerjaan yang menumpuk.

Berjalan

Kurangi telefon untuk memerintah seseorang. Akan lebih baik jika menemuinya langsung. Dengan begitu, mau tidak mau Anda harus berjalan. Paling tidak ini sangat bermanfaat sebagai latihan kardio.
Jika biasanya Anda memilih jalan yang tercepat menuju kantor, mulai sekarang pilihlah jalan yang memutar. Hal itu akan memaksa Anda untuk berjalan kaki.
Usahakan setiap hari berjalan kaki selama 20-30 menit atau sekitar 3000 - 5000 langkah. Kalori Anda akan banyak terbakar. Otomatis tubuh menjadi lebih sehat.

Gerakan-gerakan otot ringan

Di sela-sela waktu rehat juga dapat dimanfaatkan untuk berolahraga ringan seperti melakukan gerakan pengencangan pada otot-otot perut dan lengan selama beberapa menit dan diulangi beberapa kali.

Atau dapat juga melakukan gerakan-gerakan pengencangan dengan menggunakan barbell yang paling kecil yang mudah dibawa kemana-mana dan mudah disimpan.

Tak hanya itu, sejumlah peregangan atau stretching pada waktu istirahat atau sesaat sebelum mulai bekerja pada beberapa anggota tubuh seperti tangan, kaki, leher, punggung dan anggota tubuh yang lain.

Hal ini dapat dilakukan dengan menahan posisi peregangan setidaknya dalam hitungan 2 x 8 atau bisa juga dalam waktu tiga menit.

Olahraga untuk wanita sibuk itu memang terkesan simple dan seakan tidak mampu memberikan efek yang signifikan bagi tubuh, namun jika dilakukan secara rutin, akan dapat memberikan hasil yang tidak kalah memuaskannya dengan olahraga biasa.

Sehingga kesehatan dan kualitas hidup pun akan tetap terjaga walaupun kesibukan melanda.
sumber

»»  READMORE...

Permainan, Asah Kreativitas & Perkembangan Anak

Bermain yang menjadi aktivitas utama bagi anak tak hanya bisa mengembangkan kreativitas, namun juga menjadi instrumen penting dalam perkembangan baik dari sisi motorik atau sesorik anak.

Ironisnya, kebutuhan atas permainan itu kurang disadari para orang tua. Memahami hal tersebut, Faber Castell melalui sub brand Creativity for Kids Faber Castell mencoba memberikan perhatian kepada dunia anak.

"Produk mainan yang dihasilkan terinspirasi dari bakat alami anak untuk mendorong kreativitasnya," kata Niken D. Maharani, Product Supervisior Creativity for Kids, di Jakarta, Sabtu (24/11).

Menurut Niken, dengan bermain anak-anak akan bebas berekspresi, bereksplorasi dan berimajinasi yang pada akhirnya dapat membangun kemandirian anak dalam proses tumbuh kembangnya.


Sementara itu, dalam acara seminar parenting creativity for kids Faber Castell, pemerhati anak Dewi Hughes menambahkan terkadang orang tua berpandangan bahwa bermain bagi anak hanya di dapat dalam pendidikan formal.

Padahal, sambung Hughes, bermain dapat dilakukan para orang tua melalui kegiatan sehari-hari yang sederhana serta penuh kegembiraan.

"Orang tua seharusnya bisa menempatkan diri sebagai teman, saat bermain dengan anak-anak. Hal tersebut akan mendorong anak maupun orang tua sama-sama melakukan eksplorasi dalam bermain," tambahnya.

Bermain menurut Hughes dapat membangun sisi komunikasi, motorik, kinestetik, kemampuan analisa, dan bahasa seorang anak. Karenanya, pemilihan produk mainan menjadi salah satu hal penting dalam membantu mengasah perkembangan anak.

"Pemilihan produk mainan bagi anak juga menjadi hal penting, karenanya orang tua harus dapat memilih produk yang unik agar dapat meningkatkan sisi kreativitas serta bernilai edukatif," ungkap Duta Pendidikan Anak Usia Dini Non Formal dan Informal (PAUDNI) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini.

sumber 

»»  READMORE...

Vasektomi Efektif dan Makin Nikmat Saat 'Hubungan'

Masih banyak warga masyarakat salah memahami vasektomi. Hal itu menyebabkan rendahnya pemanfaatan vasektomi sebagai alat kontrasepsi pria.

Pria umumnya hanya memiliki dua pilihan metode KB, yakni kondom dan vasektomi. Kondom menjadi populer karena penggunaannya yang mudah. Vasektomi tidak dilirik karena menakutkan. Padahal metode ini sangat efektif dan aman untuk mencegah kehamilan.

Vasektomi adalah mengikat saluran sperma pria yang pertama kali diaplikasikan pada pria pada 1899 dan marak dilakukan selama Perang Dunia ke-2.

Pada metode yang lebih modern, dikembangkan oleh Thailand, yang disebut dengan Vasektomi Tanpa Pisau (VTP), hal ini tidak dilakukan dengan cara menyeramkan. Hanya dibius lokal pada kulit sebelah pinggir kantong buah zakar setelah meraba lokasi saluran sel sperma atau vas deferens.
Inspektur Utama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Dra Mieke Sylvia Siangian menjelaskan vasektomi adalah cara ampuh menekan laju pertumbuhan penduduk. Bahkan vasektomi telah berkembang pesat di negara-negara berpenduduk padat.

"Tidak hanya itu, vasektomi pun memiliki dampak positif bagi kesehatan dan kehidupan seks," jelas Mieke, saat memberikan sambutan pada acara Grebeg Pasar di pasar tradisional Oesao Kabupaten Kupang, Kec. Kupang timur, Nusa Tenggara Timur, Jumat (23/11)

Menurut Mieke, dalam berhubungan pasangan suami istri akan lebih menikmati seks karena tidak lagi dikhawatirkan adanya kebocoran yang dapat mengakibatkan kehamilan yang tidak diinginkan.

"Hal ini akan membuat hubungan dengan istri sah makin mantap," ungkap Mieke.

Kepala BKKBN Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Theodora Pandjaitan menambahkan selama ini, banyak yang salah mengartikantentang MOP atau vasektomi.Rata-rata pemahaman tentangvasektomi adalah sama saja dengandikebiri dan akan membuat hubungan semakin tidak nikmat.

Padahal, sambung Dora, stigma atau anggapan-anggapan itu semuanya salah besar dan tidak benar. Sebaliknya, vasektomi (MOP) inisangat efektif untuk menekan laju pertumbuhan penduduk.

Lebih jauh Dora mengungkapkan kontrasepsi permanen perlu dipertimbangkan bagi mereka yang sudah memiliki cukup anak dan tidak lagi menginginkan anak untuk menekan angka kelahiran di provinsi NTT.

"Cukup menjalani satu kali operasi, selanjutnya tidak perlu memikirkan apa pun untuk mencegah kehamilan. Tidak ada pil yang harus diingat untuk diminum setiap hari atau pun kondom yang harus dikenakan setiap kali mau melakukan hubungan," urainya saat mendampingi bupati Kupang Ayub dan Irtama BKKBN Mieke Sylvia dalam acara Grebeg Pasar di NTT tersebut.

Menurut Dora, sosialisasi metode kontrasepsi terlebih MOP atau MOW sangatlan penting agar stigma yang salah tidak melekat pada pasangan suami-istri.

"Vasektomi sangatlah aman dan efektif untuk menekan angka kelahiran. Mereka harus melihat banyak manfaatnya, baik dari segi kualitas peran serta pria, kesehatan dan turunnya angka kematian ibu melahirkan yang ada di NTT bisa ditekan," ungkap Dora.

Semakin seringnya sosialisasi program KB, masyarakat makin cerdas untuk memiih alat kontrasepsi yang aman bagi kesehatan. "Mereka, kini sudah memahami bahwa alat kontrasepsi hormonal tidak baik bagi kesehatan, sehingga mereka cepat beralih ke metode kontrasepsi non hormonal yakni IUD dan MOP/MOW," urai Dora.

sumber 

»»  READMORE...

Ini Dia Cara Deteksi Benjolan pada Payudara

Kanker payudara menjadi momok menakutkan bagi wanita. Selain penyebaran sel yang mahadahsyat, penyakit ini juga berujung kematian.Kanker pada payudara biasanya ditandai dengan adanya benjolan. Namun, yang perlu diperhatikan adalah tidak semua benjolan pada buah dada merupakan kanker atau tumor.
Lantas, bagaimana cara mendeteksi jika ada benjolan di payudara ?
Sebagian besar perempuan boleh dibilang sudah paham tentang betapa pentingnya sadari atau periksa payudara sendiri. Kegiatan rutin ini ampuh mendeteksi secara dini kemungkinan munculnya gejala kanker payudara. Namun, jangan cemas dulu ketika terasa adanya benjolan saat melakukan sadari.
Adalah aplikasi 'Spot it Yourself' sebuah aplikasi mobile terbaru yang berisi informasi tentang kanker payudara dan bagaimana mendeteksinya.
Aplikasi yang memiliki kapasitas enam MB menyediakan fitur informasi dasar seperti tentang kanker payudara (pengertian fakta, risiko penyebab, deteksi dini, informasi pendukung), kenali payudara (menyajikan gambar guna mengenali anatomi payudara), FAQ (pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pasien).
Lalu cara melaksanakan Sadari (memberikan gambar bagaimana kita memeriksa payudara sendiri, bila ada benjolan yang tidak wajar ? segera hubungi dokter).
Fitur konsultasi dengan dokter lewat email yang akan dijawab maksimal dalam waktu 2 x 24 jam, referensi rumah sakit. Apa pula metode pemeriksaan medis melalui mamografi, USG, MRI, PET SCAN, dan biopsi, berita terkini dari YKI dan dokter spesialis, serta diskusi dan sharing dengan Komunitas.
"Fitur bisa berkembang seiring berjalannya waktu dan masukan dari berbagai pihak dalam hal kanker payudara," lanjut Aswindaru Rinenggo, Kepala Operasi Divisi Healthcare PT Philips Indonesia, di Jakarta, Kamis (22/11).
Dalam pengembangan berikutnya, akan ada fitur inbox. Fitur ini berguna untuk menyinpan semua tanya jawab dari pengguna aplikasi kepada dokter secara personal.
"Kami akan akan coba pertimbangkan, live chat, karena saat ini ada keterbatasan bandwith, dokter, dan traffic."
Dan tidak kemungkinan, Spot It Yourself akan merambah ke Windows phone, serta versi desktop. Untuk tahun ini, Philips menargetkan terdapat lima ribu pengunduh aplikasi ini sampai tahun depan.
"Kenali gejala kanker payudara sedini mungkin, karena jika ditangani sejak dini mengeluarkan biaya sedikit. Dibandingkan jika terlambat, biaya yang dikeluarkan besar," tandas Rina Susanti, survivor yang memiliki ide dalam kompetisi The '+' Project: Access to Healthcare.
Untuk diketahui, Philips bekerjasama dengan Yayasan Kanker Indonesia (YKI) memerkenalkan aplikasi mobile terbaru yang berisi informasi tentang kanker payudara dan bagaimana mendeteksinya. Aplikasi tersebut adalah "Spot It Yourself".
Spot It Yourself merupakan realisasi dari ide pemenang The '+' Project: Access to Healthcare, Rina Susanti, survivor kanker payudara.

sumber

»»  READMORE...

Perempuan Perlu Peka Pada Ancaman Kanker

Perempuan Indonesia dihadapkan pada peningkatan angka kematian yang diakibatkan oleh kanker payudara.
Tiap tahun, dari setiap 100.000 wanita ditemui 36 kasus baru yang terdiagnosa kanker payudara ataupun yang meninggal karena penyakit ganas ini. Ironisnya, berdasarkan sumber dari data WHO, perkiraan bahwa angka ini akan meningkat tujuh kali lipat pada tahun 2030.
Peduli akan hal itu, Yayasan Kanker Indonesia bekerja sama dengan PT Philips Indonesia, meluncurkan aplikasi mobile interaktif pertama tentang kanker payudara, bernama Spot It Yourself. "
Aplikasi memiliki fitur lengkap mengenai informasi dan pengetahuan tentang kanker payudara," kata Direktur Utama PT Philips Indonesia, Robert Fletcher, pada acara peluncuran Spot It Yourself di Yayasan Kanker Indonesia, Jakarta, Kamis (22/11).
Robert menjelaskan fitur-fitur ini meliputi bagaimana melakukan pemeriksaan payudara (SADARI) secara tepat, artikel yang up-to-date mengenai kanker payudara, daftar rumah sakit yang memberi pelayanan dan fasilitas lengkap untuk menangani kanker, serta konsultasi gratis dengan dokter seputar kanker payudara.
"Fitur-fitur ini tentunya akan terus kami kembangkan agar aplikasi mobile interaktif ini benar-benar menjadi pusat informasi tentang kanker payudara yang dapat diandalkan," jelasnya.
Menurur Robert, ide Spot it Yourself ini berasal dari pengalaman Rina Susanti, survivor kanker payudara sekaligus pemenang The + Project dari kategori Access to Healthcare, yang diselenggarakan oleh Philips tahun lalu.
Sementara itu, Prof. Nila Moeloek, Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia (YKI), menambahkan ide dari aplikasi Spot It Yourself ini cukup bagus, karena banyak manfaatnya bagi masyarakat awam yang ingin tahu tentang kanker payudara, termasuk siapa yang harus dihubungi untuk informasi lebih lanjut.
Nila mengungkapkan berdasarkan data Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS) 2007, kanker payudara menempati urutan pertama pada pasien rawat inap di seluruh RS di Indonesia (16,85%). Kemudian disusul kanker rahim (11,78%).
"Tapi sangat disayangkan bahwa tingkat kesadaran akan pentingnya periksa payudara sendiri, dan mamografi di Indonesia masih sangat rendah. Sebab deteksi dini bisa mencegah banyak kematian akibat kanker payudara. Jadi aplikasi baru ini sangat membantu," urai Nila.

sumber

»»  READMORE...

Gaya Hidup Pengaruhi Imunitas Tubuh?

Cuaca pada saat ini tak bisa lagi diprediksi. Perubahan iklim secara global berakibat pada cuaca tak sekadar buruk, tapi ekstrem.

Jika kondisi tubuh tak siap mengalami perubahan seperti ini, penyakit diare, flu batuk, sampai demam dengan mudah menyerang. Daya tahan tubuh memang dituntut prima. Tanpa disadari, setiap hari bakteri dan virus berkeliaran di sekitar tempat Anda beraktivitas.

Ibarat musuh dalam peperangan, mereka menunggu kapan saat yang tepat untuk menyerang. Saat tubuh lemah, saat itu pula dengan mudah masuk dalam tubuh. Daya tahan tubuh seseorang akan naik-turun, tergantung cara mereka menjaga kesehatannya.

Penyakit yang paling sering datang adalah pilek dan batuk. Jika batuk terlanjur menyerang kenali jenisnya, agar pengobatannya lebih efektif.






Dilansir Good Houskeeping, Dr Dawn Harper, pengasuh acara Embarassing Boldies, selain menghindari stres, pola makan yang seimbang adalah cara paling mudah menjaga kekebalan tubuh, karena dengan mencukupi asipan zat gizi yang diperlukan oleh tubuh sama artinya dengan memasok energi dan kekuatan untuk melawan kuman.

"Jangan lupa juga menjadwalkan pola istirahat yang cukup. Tubuh Anda adalah aset paling berharga," kata Harper.

sumber 

»»  READMORE...

Akupresur Cara Cepat Atasi Sakit Kepala

.
Gangguan sakit kepala dapat dikatakan sebagai penyakit yang muncul dari gaya hidup.

Biasanya, rasa sakit ini menyerang saat Anda berada dalam tekanan. Selain itu juga ditimbulkan dari bahan tambahan makanan yang ada dalam setiap hidangan.

Rasa sakit ini dapat berlangsung selama berjam-jam, atau juga sementara. "Tidak hanya menyerang bagian kepala, rasa sakit juga berdampak pada ketidak nyamanan pada bagian bahu dan leher," papar Peter Goadsby, MD, direktur dari University of California San Francisco Headache Clinic, seperti dikutip iVillage.

Jangan panik dan cemas bila muncul sakit di sekitar kepala, leher, nyeri bahu, nyeri pergelangan tangan, pinggang, atau stres. Anda bisa mengatasinya sendiri dengan cara perawatan akupresur, yaitu menstimulasi titik-titik akupresur melalui penekanan pada titik-titik tertentu di permukaan tubuh.

Dr Hasan Mihardja, spesialis akupresur dan konsultan akupresur dari RS Cipto Mangunkusumo Jakarta, mengatakan bila mengalami berbagai gejala penyakit tersebut, teknik penyembuhan dengan akupresur bisa dilakukan secara mandiri, mudah, aman, dan efektif.

Menurutnya, dunia kerja yang semakin konpetitif dan tempat kerja yang tidak memenuhi syarat, seringkali menimbulkan berbagai masalah kesehatan, terutama bagi pekerja di perkantoran.

“Salah satu teknik tersebut adalah pengobatan mandiri dengan akupresur. Caranya dengan menekan titik-titik tertentu pada permukaan tubuh untuk memperoleh efek preventif, promotif, dan mengurangi berbagai keluhan ringan,” katanya di sela-sela Workshop Menjadi Terampil dan Mandiri Melalui Pemanfaatan Ramuan dan Akupresur di Jakarta, Selasa (20/11).

Dia menjelaskan akupresur bermanfaat untuk meningkatkan stamina tubuh, melancarkan peredaran darah, mengurangi rasa nyeri, menghilangkan stres atau menenangkan pikiran, serta member rasa nyaman.

“Perawatan mandiri dengan akupresur dapat dilakukan di kantor pada saat istirahat. Caranya muda, aman, dan dapat dilakukan sendiri dalam waktu 5-10 menit, dan ditekan sebanyak 20-30 kali,” ungkapnya.

Untuk mengatasi sakit kepala, sambungnya, titik yang distimulasi adalah titik yang terletak di puncak kepala, ditekan dengan menggunakan jari tangan telunjuk dan jari tengah. Juga tekan titik di belakang kepala, di bawah benjolan tulang tengkorak, ditekan menggunakan ibu jari. Tekan sampai 20-30 kali sesuai dengan keluhan yang dialami.

Bila mata lelah, tekan titik yang terletak di garis tengah tubuh depan, atnara kedua pangkal alir dengan jari telunjuk. Kemudian tekan titik yang terletak di pertengahan alis di atas pupil mata dengan telunjuk.

Selanjutnya tekan titik yang terletak di lekukan tulangpelipis, sejajar dengan sudut mata luar, pakai jari telunjuk. Tekan juga titik yang terletak di pangkal alis dengan menggunakan ibu jari.

Setelah itu, tekan titik yang di ujung alis juga dengan telunjuk. Terakhir tekan titik di bawah pupil mata pada lingkar bawah tulang mata dengan telunjuk. Dan, dilanjutkan dengan pengurutan dari pangkal sampai dengan ujung alis, dan dari sudut mata dalam ke arah luar
 
.sumber

»»  READMORE...