Selamatkan Satwa Langka, Brasil Lakukan Kloning

Berbagai macam cara yang dilakukan untuk menyelamatkan satwa terancam punah. Salah satunya dengan cara kloning. Hal itu dilakukan oleh para ilmuwan di Brasil.Sejumlah ilmuwan di Brasil mencoba menyelamatkan satwa terancam punah melalui teknologi kloning. Mereka melakukannya terhadap beberapa jenis satwa seperti jaguar dan berbagai satwa lainnya.
“Ide awalnya adalah dimulai dari satwa yang terancam punah, atau spesies yang jumlah populasinya menyusut dengan tajam. Misalnya jaguar, rubah merah (Chrysocyon brachyurus), ataupun kijang endemik,” ujar Carlos Frederico Martins, peneliti dari Embrapa Cerrado, seperti dikutip dari AFP.
Embrapa Cerrado merupakan lembaga penelitian hewan milik pemerintah yang kini tengah mengadakan kerjasama dengan Brasilia Zoo yang memiliki sejumlah koleksi satwa terancam punah. Kerjasama tersebut berupa eksperimen terhadap inseminasi buatan dan transplantasi embrio bagi sejumlah spesies terancam punah.
Setelah kloning dilakukan, para satwa yang terancam punah itu tidak akan dilepaskan ke habitat aslinya karena hanya akan berkontribusi kecil terhadap penyelamatan spesiesnya dalam jangka pendek. Namun seiring dengan waktu, satwa yang menjalani program inseminasi buatan ataupun transplantasi embrio, nantinya akan dilepasliarkan.
Menurut Martins, pihaknya masih membutuhkan waktu beberapa tahun ke depan untuk melakukan penelitian mendalam sebelum para satwa tersebut berhasil dikloning.
Sebelumnya, para ilmuwan di negeri itu berhasil melakukan kloning terhadap seekor sapi yang lahir pada Maret 2001. Mereka melakukan kloning terhadap hewan ternak untuk meningkatkan efisiensi dan karakteristik yang dibutuhkan.
Saat ini Brasil merupakan eksportir daging sapi terbesar di dunia.

sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar