25 Primata Dunia Terancam Punah, 3 dari Indonesia

Organisasi dunia untuk konservasi alam, IUCN (International Union for Conservation of Nature), baru saja merilis daftar '25 Primata Dunia Terancam Punah'. Dari daftar ini, tiga di antaranya merupakan primata dari Indonesia.
Tiga spesies primata dari Indonesia yang terancam punah tersebut adalah Tarsius Gunung (nama Latin: Tarsius Pumilus), Kukang Jawa (Nycticebus Javanicus), dan Monyet Simokobu atau dikenal dengan sebutan Monyet Ekor Babi (Nasalis Concolor).
Tarsius Gunung merupakan spesies asli Sulawesi. Sementara Kukang Jawa berasal dari Jawa dan Monyet Ekor Babi adalah spesies asli Kepulauan Mentawai.
Daftar ini dikeluarkan oleh IUCN baru-baru ini dalam Convention on Biological Diversity PBB di Hyderabad, India. Asal primata yang paling mencolok berasal dari tiga negara, termasuk Indonesia, yang memiliki primata terancam punah lebih dari dua spesies.
Ketiga negara itu adalah Madagaskar (enam spesies), Vietnam (lima spesies), dan Indonesia (tiga spesies).
Disebutkan oleh IUCN, kebanyakan spesies monyet di Asia terancam karena banyak hal. Bukan hanya karena perburuan dan kehilangan habitat. Tapi juga perburuan anggota tubuh untuk memuaskan permintaan (pasar) masyarakat Asia untuk masakan eksotis, obat-obatan, dan zat perangsang.
Ingin tahu daftar lengkap dari '25 Primata Dunia yang Terancam Punah' yang dilansir oleh IUCN? Langsung saja klik di sini.

sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar