Peneliti Ungkap "Misteri" Salah Satu Planet Kecil

Dalam formasi tata surya, diketahui terdapat orbit planet-planet kecil yakni Pluto, Humea, Makemake, dan Eris. Baru-baru ini, para peneliti berhasil menguak rahasia dari salah satu planet kecil itu, yakni Makemake.

Planet Makemake berukuran tiga per empat dari Pluto, berada lebih dekat dengan dengan matahari ketimbang Eris, yang dikenal sebagai planet kecil paling besar dari tata surya. Para peneliti berharap bahwa Makemake memiliki atmosfer seperti Pluto.

Penelitian internasional yang dipimpin oleh Jose Luis Ortiz dari Andalusian Institute of Astrophysics di Spanyol menggunakan tujuh teleskop yang terletak di Chili dan Brasil untuk melakukan observasi planet kecil Makemake. Demikian dilansir dari Softpedia, Sabtu, (24/11/2012).

Dalam prosesnya, para peneliti mengamati planet yang memiliki rata-rata suhu yang rendah (sekira 30 K). Para peneliti pun menduga bahwa suhu pada Makemake menunjukan kondisi serupa dengan Pluto.

"Makemake lewat di depan bintang dan diblokir keluar, kemudian bintang menghilang dan tiba-tiba muncul, bukannya memudar justru cahayanya cerah secara bertahap," kata Dr Ortiz.

Dengan begitu, para peneliti pun akhirnya menanggalkan prediksinya bahwa planet tersebut memiliki atmosfer yang signifikan. "Dengan demikian, planet ini tidak memiliki atmosfer yang signifikan. Sebelumnya, banyak yang beranggapan Makemake atmosfir yang bagus," imbuh Ortiz.

"Mencari tahu tentang sifat Makemake untuk pertama kalinya merupakan langkah awal untuk meneliti planet kecil yang lain," tandasnya.

sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar