Berbagai Mahluk Mitos






Kalian pasti sering dengar nama naga atau dragon, baik dari buku , maupun di serial film. Benar gak sih naga itu ada? Enggak ada yang mampu membuktikannya. Kisahnya sudah diceritakan dari dulu dan turun temurun.


Meski sekarang sudah zaman modern, namun cerita mitos ini masih ada.


Makhluk apa saja sih yang tergolong mitos?


Dragon(naga)


Dragon atau naga kalau benar benar ada pantas disebut dengan reptil terbesar. Naga digambarin sebagai binatang mistis yang memiliki kekuatan sihir. Didalam cerita atau film, naga sering dicap sebagai mahkluk yang bijak dan lebih pintar dari manusia.

Naga ada yang punya sayap dan ada yang tidak, ada yang bisa mengeluarkan api dari mulut , dan ada yang tidak.


Hebatnya lagi, mitos naga terdapat di berbagai belahan dunia, termasuk Cina, Jerman, Inggris, Iran dan negara lainnya.


Yeti


Yeti sering juga disebut sebagai mahkluk salju yang buruk rupa yang digambarkan hidup di pegunungan Himalaya. Yeti tergolong primata besar yang menyerupai manusia dan binatang.





Meski begitu, cerita dan kisah tentang Yeti sering berbeda beda.Cerita Yeti sudah ada seja tahun 1832.


Big Foot



Big Foot salah satu mahluk mitos yang sangat terkenal di diseluruh dunia. Seperti namanya, binatang ini digambarkan sangat besar dan berbulu. Dia diperkirakan tinggal di kawasan ganas Amerika Serikat dan Kanada, terutama di bagian selatan, Great Lakes, sampai pegunungan Rocky.


Ada yang bilang bila Big Foot mirip dengan Yeti, tapi manusia belum pernah nemuin bukti seperti tulang atau rangka tubuhnya.


Big Foot konon memiliki tinggi 2 sampai 3 meter. Bulunya berwarna cokelat, jumlah jarinya sama dengan manusia.


Loch Ness


Monster yang diberi nama Ness ini digambarn sebagai binatang atau kelompok mahkluk yang hidup di Loch Nes, danau air tawar yang terletak disebelah selatan Skotlandia. Loch Ness juga termasuk hewan mitos yang sangat terkenal.

Keberadaan monster ini dipercaya selama ratusan tahun, tapi mulai mendunia sejak 1960an . Meski begitu, sampai kini gak ada yang buktiin adanya Loch Ness. Foto yang sempat beredar diperkirakan palsu.


Werewolf


Werewolf atau manusia serigala juga salah satu hewan mitos yang terkenal di film film. Manusia serigala adalah manusia yang bisa berubah sewaktu waktu menjadi serigala.

Perubahannya terjadi karena berbagai cara, misalnya dikutuk, keinginan sendiri, atau disihir. Manusia serigala biasanya berubah ketika terang bulan. Selain itu, dia juga sangat sulit dibunuh. Menurut cerita, ia hanya bisa dibunuh dengan peluru perak.


Unicorn


Diartikan sebagai kuda bertanduk. Tanduknya meruncing spiral dan tumbuh di bagian jidatnya. Kuda bertanduk ini digambarkan berwarna putih dan lembut. Dari semua mahkluk mitos, Unicorn adalah hewan yang tidak seram.

Konon, ketika Marco Polo melewati Sumatera, ia mengatakan bahwa ia melihat Unicorn, namun setelah diteliti, ia hanya melihat badak bercula satu.


Pegasus




Pegasus adalah kuda terbang yang banyak dikaitkan dengan sejarah mitos Yunani. Mitos Pegasus juga ditemukan di negara lain, misalnya Persia atau Iran. Pegasus di mitos Yunani digambarkan sebagai kuda bersayap, anak Poseidon, kuda para dewa.


Kraken



Kraken adalah seekor monster yang digambarkan sebagai makhluk raksasa yang berdiam di lautan wilayah Islandia dan Norwegia. Makhluk ini disebut sering menyerang kapal yang lewat dengan cara menggulungnya dengan tentakel raksasanya dan menariknya ke bawah.



Kata Kraken sendiri berasal dari Kata "Krake" dari bahasa Skandinavia yang artinya merujuk kepada hewan yang tidak sehat atau sesuatu yang aneh. Kata ini masih digunakan di dalam bahasa jerman modern untuk merujuk kepada Gurita.


Mermaid dan Merman



Mermaid adalah sebuah istilah yang diberikan kepada makhluk air yang memiliki tubuh dari pinggang ke atas seperti perempuan sedangkan pinggang ke bawah seperti seekor ikan. Walaupun kita hanya pernah mendengar makhluk ini dari sekumpulan dongeng, keberadaan makhluk ini bisa dilacak di dalam literatur hingga 2.000 tahun yang lalu.



Kata Mermaid berasal dari kata Mere yang berarti Laut (dalam bahasa Inggris kuno) dan kata Maid yang berarti perempuan. Jadi, makhluk yang disebut sebagai Mermaid adalah makhluk setengah manusia setengah ikan yang berjenis kelami

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar