Kesuburan Pria Bisa Dilihat dari Jumlah Saudara Laki-lakinya

Ingin tahu seberapa berkualitas sperma lelaki dengan cara mudah? Perhatikan jumlah saudaranya. Semakin banyak jumlah saudara lelakinya, maka sperma pria tersebut semakin gesit.

Sebuah penelitian di University of Sheffield, Amerika Serikat, mengklaim hubungan antara jumlah saudara laki-laki dengan kesuburan seorang pria. Pria yang memiliki banyak saudara laki-laki, maka ia memiliki sperma yang gesit. Artinya, pria tersebut subur.

Demikian hasil penelitian setelah memeriksa kondisi sperma 500 laki-laki dan jumlah anggota keluarga mereka. Bila seorang pria memiliki jumlah saudara lelaki lebih banyak ketimbang perempuan, maka itu pertanda ia mempunyai gen kesuburan yang kuat.

"Temuan ini menjadi semacam bahan pemikiran baru mengenai pentingnya peran genetika terhadap kegerakan sperma, dan hal ini bisa membuka lebih banyak lagi celah studi di area ini," jelas dr Allan Pacey dari University of Sheffield.

Aktivitas sperma lelaki dipercaya merupakan faktor penting dalam hal kesuburan sperma lelaki. Temuan itu bisa dijadikan acuan untuk menganalisis lebih dalam lagi, juga berharap akan ada banyak penelitian lain yang mendalami serta menguak hal-hal lain dari sekitar temuan ini.

Walau demikian, periset menekankan, hal itu bukan berarti lelaki dengan banyak saudara perempuan harus khawatir dengan kondisi spermanya. Karena, bukan berarti banyak saudara perempuan berarti kondisi sperma lelaki tidak baik. Peneliti menambahkan studi tidak meneliti tentang kesuburan perempuan yang memiliki banyak saudara perempuan. Sebab, hal itu akan sangat sulit diteliti.

Pemimpin penelitian, Dokter Jim Mossman, peneliti dari Brown University, mengatakan temuan itu bisa mengindikasikan ada kemungkinan perempuan yang memiliki banyak saudari kandung akan memiliki kesuburan organ reproduksi yang baik.


sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar