Petani dan ikan mas

Petani dan ikan mas

Pada suatu hari hidup seorang petani yang sederhana di bernama rudi pada suatu ketika rudi sedang memancing di danau lama sekali dia memeancing, tapi dia hanya mendapat satu ikan.
Dia bersyukur walaupun mendapat hanya satu ikan saja dia diam sejenak di mendengar ada yang memangil yah tapi rudi tidak melihat siapa siapa saat rudi melihat ikanyah teryanta yang dari tadi memangil rudi adalah ikan mas ituh rudi bertanya kepada ikan mas ituh dengan rasa ketakutan ikan mas kenapa kamu bisa gomong ikan ma situ menjawab aku adalah ikan ajaib yang ingin megasih tahu kamu tentang kapan kamu menjadi kaya hah menjadi kaya kamu pasti bercanda aku kan hanya petani sederhana yang makan juga susah mukinkah aku jadi kaya ikan mas menjawab yah pasti kamu jadi orang kaya kamu tekun dalam berkerja aku akan ceritakan ini sesudah yanpai di rumah mu rudi menjawab yah ayo pulang ke rumah ku baik.
(rudi dan ikan mas pergi rumah rudi )

Ikan mas silakan masuk ke rumah ku yang sederhana ini ikan mas bagi ko ini cukup buat aku tingal rudi aku pergi ke sawah dulu yah kamu diam di sini sembetar aku masih ada kerjaan yah aku tungu kamu di sini.
(rudi pergi kesawah dengan senang hati)

Saat rudi kesawah dia menemui teman yah yang bernama kidin kidin sama nasib yah sama rudi tapi dia tidak rajin dia hanya ingin malas malas saja di kadang kadang saja ke sawah tapi munkin dia pergi ke sawah munkin haya ingin gelihat sawah aja kata hati rudi,
Kidin rudi ayo kita sawah bareng bareng hayu kata rudi saat yanpe sawah rudi melihat sawah yah yang sedang dia kelola ke kurangan air soal yah saat ini dalam musim kemarau rudi meminta kepada allah agar mengirimkan hujan supaya sawah sawah di daerah yah mendapat air supayah tidak kering teryata sesudah rudi meminta saat sesudah menungu turun hujan teryata benar hujan turun saat itu sesudah turun hujan rudi mengelola sawah yah lagi dengan men bajak sawah supayah saat menam padi jadi tanah yah sudah bagus sekali rudi pun pulang ke rumah yah.
(rudi pulang ke rumah yah)

Sesudah yanpe rumah rudi kaget melihat rumayah yang bersih sekali di kaget ter yata rumah yah yang jaran di urus bisa bersih sendiri rudi mikir siapa yang melakukan ini semua lalu ikan mas iti di tanya sama rudi ikan mas siapa yang melakukan ini semua apa kah kamu yang melakukan semua ini apakah benar ikan mas menjawab iya ini benar aku yang melakukan yah aku melakukan ini dengan kekuatang ku sendiri aku kasian kepada mu rudi rumah mu kotor sekali terasa bukan rumah tapi gubuk kau hanya memikirkan sawah jadi aku bersihkan rumah mu ini dengan kekuatanku sendiri terimah kasih ikan mas kau telah memerhatikan ku ini sapai sekarang lalu apa yang kamu igin ceritakan kepada ku yah aku ingin ceritakan tentang kapan kamu berhasil lima tahun lagi kamu akan di kasih sebuah lahan sawah yang besar sebesar 5 hektar arna kau berhasil menjaga sawah tempat mu kerja ini dengan bagus sekali sesudah 5 tahun rudi ber tanya kapan aku dikasih sawah 5 hektar lalu ada bos rudi bos ada apa yah ke sini kata rudi ini ada hadiah untuk mu karna kau berkerja dengan baik aku akan mengasih kamu sawah 5 hektar gedekan iya bos itu pasti gede sekali aku pun mau sekali sesudah itu rudi hidup senag dia sesudah menaro ikan ma situ ke danau lagi dan melepaskanyah lagi dan rudi hidup senag selama hidup yah


Tamat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar